Saturday, April 22, 2006

Gaya dia bermain komputer

 Nah beginilah keseharian dia di rumah ketika sang Kakak di sekolah, ibunya sedang asyik belajar di meja lainnya, dan ayahnya beristirahat akibat tidak tidur semalaman demi mencari biaya hidup primer. Sesekali dia mendatangiku karena ingin berbagi cerita yang sedang berkecamuk di kepalanya. Kalimat yang sering terlontar 'Mummmmmm, come here mum, I want to saw you something .....' Atau 'Mum, mum, mum you know ....' Bermacam saja caranya meminta perhatian saya dan akhirnya saya kadang minta dia jangan mengganggu karena sayang sedang belajar. Maafkan Ibu Nak, kamu terpaksa harus terbiasa dengan situasi ini. Bahkan Ibu kadang mengeluarkan kata yang tak pantas berupa ancaman misalnya, 'If you disturb Mum, I will go to the Campus and study there.' Jadi saya ngancam akan pergi ke kampus untuk belajar di sana. Nah kalau sudah begini dia pasti diam sesaat atau menjawan OK, atau dia berjanji tidak mengganggu 'I promise Mum!' dengan gaya memelas. Inilah faktanya bahwa sering teori diketahui bahwa jangan mengancam tapi bernegosiasi, jelaskan secara baik pada anak, tapi kadang sulit melaksanakannya. Saya perlu latihan berkata lemah lembut pada anak karena saya adalah model bagi dia (Pelajaran 2: Belajarlah dan berlatihlah berkata lemah lembut, bernegosiasi, menjelaskan alasan larangan saya secara lemah lembut, dia masih kecil, bukan orang dewasa kecil. Orang dewasa saja tidak suka kalau dikasari. Anak kecil juga punya perasaan khan) Posted by Picasa

No comments: