Saturday, October 05, 2013

Aturan kadang muncul dari anak

Suatu akhir pekan, saya sibuk di rumah karena beberapa meeting online dengan teman guru di Indonesia.

Si Kakak dan adiknya kuingatkan untuk tidak ribut.
Kelihatannya mereka paham.

Tapi setelah berjam-jam saya sibuk, si kecil mulai beraksi. Maka saya pun melayaninya sambil sibuk di dapur, sambil nulis, sambil melayani permintaannya untuk main catur. Setelah biji caturku kugerakkan, saya mengerjakan pekerjaanku. Setelah dia manggil, saya datang lagi. Dia pun dengan sabar menjelaskan pergerakan caturnya.

Saya paham bahwa hal ini tak nyaman bagi sikecil, karena saya tidak fokus. Setelah banyak bersabar, akhirnya dia membuat aturan tertulis seperti pada gambar di bawah.

Saya diberi waktu untuk menyelesaikan pekerjaan saya, dan saya diberi aturan bahwa mulai jam 6 hingga jam 9.30 malam, saya tak boleh menyentuh alat-alat elektronik. Waktu itu hanya boleh digunakan untuk bermain catur dengannya, belajar tapi bersama Ibu dan Fida, membacakannya buku atau dia membacakan buku untukku, dan menonton film.

Saat kubilang, artinya saya kan tak bisa juga menyalakan TV. Dia bilang, dia sendiri yang akan menyalakan TV nya.

Malam itu, kami pun nonton bareng.

Akhirnya, malam itu kami menikmati nonton bareng. Ayahnya tersenyum melihat aksi si bungsu.

No comments: